Analisis Pengaruh Customer Service, Online Customer Review, Media Sosial, dan Brand Image Terhadap Minat Beli pada Marketpalce Shopee (Studi Kasus Mahasiswa di Kota Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji customer service, online customer review, media sosial , dan brand image terhadap minat beli pada marketplace shopee (studi kasus mahasiswa di kota Malang). Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa yang berada di kota Malang yang memiliki minat beli pada marketplace shopee. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel 65 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS. Penelitian ini telah memenuhi syarat uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji hipotesis, dan analisis koefisien determinasi. Adapun variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel minat beli (variabel dependen), sedangkan customer service, online customer review, media sosial dan brand image (variabel independen). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel customer service, online customer review, media sosial, dan brand image berpengaruh secara simultan terhadap minat beli. Secara parsial variabel customer service dan media sosial berpengaruh terhadap minat beli serta variabel online customer revie, dan brand image secara parsial tidak berpengaruh tehadap minat beli karena nilai signifikan lebih besar dari 0,05 sertanilai t hitung < 1,402.
Kata Kunci : Customer Service, Online Customer Review, Media Sosial, Brand Image