Pengaruh Harga, Halal Lifestyle dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Shopee (Konsumen Kosmetik Halal di Kota Malang)
Abstract
Permasalahan dalam keuasan pelanggan muncul apabila salah satu faktor tidak terpenuhi, seprti harga yang tidak sesuai dengan barang yang dijual, tidak adanya penulisan label halal dalam kemasan produk, serta kualitas pelaynan yang didapat sangat buruk. Faktor yang paling utama sendiri dalam kepuasan pelanggan adalah harga, harga ditentukan oleh keseimbangan antara penawaran dan permintaan. Faktor kedua yang mempengaruhi kepuasan pelanggan yaitu halal lifestyle, dan fator yang ketiga di pengaruhi oleh kualias pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh harga, halal lifestyle dan kualitas pelaynan terhadap kepuasan pengguna aplikasi shopee pada masyarakat muslim kota Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Data analisis menggunakan analisis regresi berganda yang diolah menggunakan software SPSS 23. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh harga, halal lifestyle dan kualitas pelaynan terhadap kepuasan pelanggan, dengan nilai Fhitung 65.084 > Ftabel 2.70, nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan R Square 0.884 (66,8%) (2) terdapat pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan, dengan nilai thitung 4.729 > ttabel 1,98472 dan nilai signifikansi t 0,000 <0,05 (3) terdapat pengaruh halal lifestyle terhadap kepuasan pelanggan, dengan nilai thitung 3.233 > ttabel 1,98472 dan nilai signifikansi 0,002 < 0,05 (4) terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, dengan nilai thitung 2.995 > ttabel 1,98472 dan nilai signifikansi 0.003 < 0,05.
Kata Kunci: Harga, Halal Lifestyle, Kualitas Pelayanan, Kepuasan pelanggan.