Pengaruh Digitalisasi Layanan, Fitur Layanan, Customer Relationship Management, dan Keamanan Terhadap Penggunaan Mobile Banking Syariah (Studi Kasus Masyarakat Kota Blitar)
Abstract
Penelitian ini bertujuan sebagai analisator dan mengetahui bagaimana pengaruh digitalisasi layanan, fitur layanan, customer relationship management, dan keamanan pada masyarakat Kota Blitar pengguna mobile banking syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan korelasi yang dijelaskan dengan angka dan memiliki hubungan. Penelitian ini memiliki sampel sebanyak 100 orang pengguna mobile banking syariah di Kota Blitar. Proses pengumpulan data diawali dengan penyebaran kuesioner, proses analisis data diawali dengan menggunakan proses pengujian validitas isi dan kriteria. Selanjutnya melakukan berbagai macam uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji koefisien determinasi R2 dan uji hipotesis t secara parsial dan F secara simultan dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digitalisasi layanan, fitur layanan, customer relationship management, dan keamanan secara simultan dan signifikan mempengaruhi penggunaan mobile banking syariah di Kota Blitar. Mereka memiliki pengaruh sendiri, yaitu: 1)Digitalisasi Layanan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan mobile banking syariah, 2) Fitur Layanan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan mobile banking syariah, 3) Customer Relationship Management berpengaruh signifikan terhadap penggunaan mobile banking syariah, 4) Keamanan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan mobile banking syariah.
Kata Kunci: Digitalisasi Layanan, Fitur Layanan, Customer Relationship Management, Keamanan