Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Harga, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Shopee Food
Abstract
Semakin pesatnya di era globalisasi saat ini perkembangan teknologi komunikasi serta internet mendorong adanya perubahan pola pikir pada kehidupan manusia. Salah satunya media yang digunakan dalam gaya hidup masyarakat untuk melakukan komunikasi ataupun bisnis yaitu media internet. Manfaat dari internet yaitu dapat digunakan untuk melakukan transaksi dan sebagai penyedia jasa seperti jasa pemesanan dan antar makanan ke tempat pelanggan. Shopee food memiliki fitur yang memudahkan masyarakat untuk membeli makanan dan minuman sesuai dengan keinginan. Tujan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Harga, dan Promosi berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap Kepuasan Pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Shopee food yang telah dan pernah menggunakan aplikasi Shopee food. Metode pendekatan menggunakan teknik non-probability sampling yaitu purposive sampling yang merupakan teknik pengumpulan sampel dengan berdasarkan kriteria tertentu dengan menggunakaj kuesioner yang disebarkan kepada 90 responden dan menggunakan alat analisis SPSS. Hasil penelitian menununjukan variabel kualitas pelayanan, kepercayaan, harga, dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan Shopee food, hal ini dibuktikan dari pengujian hipotesis secara parsial dan simultan. Penelitian ini masih belum bisa mengungkapkan secara keseluruhan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan terhadap Shopee food. Variabel independen dalam penelitian ini hanya dapat mempengaruhi variabel dependen sebesar 69%. Sehingga masih terdapat 31% variabel atau faktor lain yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Harga, Promosi, Kepuasan Pelanggan.