View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implementasi Kebijakan Pelayanan Kesehatan Bagi Pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Studi Kasus di Kantor Puskesmas Masalembu Kabupaten Sumenep)

Thumbnail
View/Open
Fulltext (3.635Mb)
Publish (1.268Mb)
Date
2023-10-18
Author
Zamzami, Kudwah
Metadata
Show full item record
Abstract
Badan penyelenggara Jaminan Sosial merupakan sebuah badan hukum untuk menyelenggarakan program jaminan sosial guna menjamin seluruh rakyat agar dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup yang layak. Namun demikian, pada aspek program BPJS khususnya di kepulauan masalembu masih membutuhkan perhatian khusus, sebab di kepulauan masalembu masih terdapat beberapa kelemahan dan kendala dalam proses implementasi kebijakan pelayanan kesehatan bagi pengguna badan penyelenggara jaminan sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Dimana proses dan makna lebih ditonjolkan dalam jenis penelitian tersebut dengan landasan teori yang dimanfaatkan sebagai penanda agar fokus penelitian sesuai dengan fakta yang ada dilapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan dapat di tinjau dari lima faktor. Diantaranya; (1). Tersedia; pelayanan, tempat UGD, USG, Serta lab sudah tersedia. (2). Dapat diterima; program BPJS sepenuhnya dapat terakses oleh masyarakat masalembu. (3). Mudah dicapai; lokasi yang tersedia sepenuhnya dapat terakses oleh masyarakat sehingga pengaturan distribusi sarana kesehatan menjadi hal yang pokok. (4). Dapat dijangkau; adanya program BPJS tentunya dapat menjangkau dan membantu finansial masyarakat. (5). Bermutu; bahwa kebermutuan program BPJS sudah maksimal dan sesuai dengan standar yang telah di tetapkan. Kemudian dari segi hambatan, sedikitnya ada tiga : pertama, dari segi sumberdaya manusia. Kedua, internet dan infrastruktur. Ketiga, birokrasi. Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Pelayanan Kesehatan, BPJS
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9028
Collections
  • UT - Public Administration

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group