Pengembangan Model Collaborative Learning Matematika Berbasis Media Blog Matakuliah Kalkulus II
Abstract
Tujuan penelitian ini tersusunnyamodel collaborative learning matematika berbasis media blog matakuliah kalkulus II. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (development research). Model yang digunakan Four-D, meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate. Tahapan tersebut dilaksanakan sebanyak dua tahap (dua tahun). Tahapan model Four-D yang dikerjakan tahap I, yaitu tahapdefine, design, dan develop (prototype produk). Deskripsi hasil pengembangan tahap I, sebagai berikut: Tahap Define, berdasarkan hasil analisis kebutuhan mahasiswa dan dosen bahwa, sebagian besar mahasiswa merasa sulit mempelajari matakuliah kalkulus II, dikarenakan dosen menggunakan model pembelajaran konvensional, sehingga kurang mengaktifkan mahasiswa. Dan belum menggunakan media yang tepat untuk pembelajaran kalkulus II. Sehingga perlu dikembangkan model pembelajaran dan media yang sesuai, yaitu model collaborative learning berbasis media blog. Tahap Design, dihasilkan: 1) rancangan model collaborative learning matematika berbasis media blog, dan 2) format media pembelajaran berbasis blog. Tahap Develop, telah dihasilkan prototipemodel collaborative learning matematika berbasis media blog, dan prototipemedia pembelelajaran berbasis blog. Juga diperoleh hasil validasiawal prototype produk oleh ahli desain & media pembelajaran, sertaahli matematika. Berdasarkan hasil validasiawal diperoleh hasil bahwa model collaborative learning matematika berbasis media blog kalkulus II valid atau layak digunakan untuk melakukan validasi berikutnya. Kata Kunci-collaborative learning, media blog, kalkulus II.