Strategi Pemasaran Online pada Produk Fashion Collection di Pakisaji
Abstract
Penggunaan internet yang ada di Indonesia yang semakin meningkat setiap tahunya. Pemasaran online yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk melakukan pemasaran produknya. Strategi pemasaran merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh suatu pelaku bisnis untuk memasarkan produk mereka. Strategi pemasaran juga menentukan keberhasilan suatu usaha tersebut. Produk fashion collection yang saat ini banyak digemari oleh kalangan remaja hingga dewasa. Fashion sendiri adalah segala sesuati yang dikenakan pada tubuh untuk melindungi tubuh atau memperindah tubuh. Di Pakisaji toko fashion collection sudah banyak tetapi masih banyak orang yang belum mengetauhi karena mengganggap Pakisaji adalah suatu daerah yang jauh dari kota tepatnya berada di Kabupaten Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetauhi strategi pemasaran online pada produk fashion collection di Pakisaji.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Sumber yang diperoleh dari pemilik toko, karyawan, admin media sosial instagram dan e-commerce shopee dan pelanggan. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan para fashion collection di Paksisaji dengan menggunakan bauran pemasaran dan memanfaatkan peran pemasaran online melalui media sosial instagram dan e-commerce shopee.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pemasaran Online, Produk Fashion Collection