Pengaruh Promosi dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada Followers Instagram UMKM Spicypedia)
Abstract
Faradisa Khumairoh Nurul Chusna, 2023, Pengaruh Promosi dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada Followers Instagram UMKM Spicypedia), Dosen Pembimbing I: Dadang Krisdianto, S.Sos., M.Si, Dosen Pembimbing II: Ainul Chanafi S.AB., M.A.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Promosi dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer yang berasal dari kuesioner yang disebarkan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Followers Instagram Spicypedia. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan probability sampling dengan teknik random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 125 responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Hal tersebut dibuktikan dengan taraf (0,032 < 0,05) dan juga thitung> ttabel (2,175 > 1,657). Variabel potongan harga berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli. Hal tersebut dibuktikan dengan taraf (0,000 < 0,05) dan juga thitung > ttabel (5,659 >1,657). Berdasarkan hasil uji secara simultan menunjukkan bahwa variabel promosi dan potongan harga berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli. Hal tersebut dibuktikan dengan taraf signifikan (0,000 < 0,05) dan juga Fhitung > Ftabel (55,169 > 3.07).
Kata Kunci : Promosi, Potongan Harga, Minat Beli