Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Produk Balsem Pala (Studi Kasus UMKM di Desa Brongkendik, Kecamatan Fakfak Timur, Kabupaten Fak Fak, Papua Barat)
Abstract
Kabupaten Fakfak memiliki UMKM yang bergerak pada sektor Agroindustri Pala. Salah satunya produk yang berhasil dibuat yaitu Balsem Pala. Balsem pala dibuat dari lemak pala dan beberapa jenis herbal yang ditanam oleh petani fakfak. Balsem Pala Fakfak adalah sebuah brand dari balsam yang di produksi oleh BUMKam (Badan Usaha Milik Kampung) Kampung Brongkendik. BUMKam berdiri sejak tahun 2017 dan baru aktif berwirausaha Oktober 2020. Penelitian bertujuan mencari fakta ilmiah terkait ilmu pengetahuan. Metode penelitian mempunyai arti yaitu urutan atau tata cara peneliti untuk mencari jawaban atas permasalahan yang diajukan peneliti, maka untuk mencari jawaban dari masalah yang diajukan peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa empat indikator dalam mengukur Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan produk balsem pala di UMKM kampung Brongkendik kecamatan fakfak seperti produk, harga, distribusi dan promosi di Kampung Brongkendik Kabuapten Fakfak. Peran BUMKam dalam meningkatkan penjualan produk balsem pala di UMKM Kampung Brongkendik Kabupaten Fakfak dengan melihat dari indikator dimensi produk dapat dikatakan belum sepenuhnya terlaksana dengan baik sebab meski secara kualitas produk balsem pala sudah sangat memadai dan berkualitas namun dari segi kemasan masih belum mendapatkan desain kemasan yang paten dan masih berubah-ubah.
Kata kunci: BUMKam, Balsem pala, Agroindustri, Brongkendik.