Pengaruh Hedonic Shopping Motives, Impulse Buying dan Positive Emotion Terhadap Shopping Lifestyle pada Pelanggan Shopee Flash Sale (Survei pada Masyarakat Kuala Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh antara hedonic shopping motives, impulse buying dan positive emotion terhadap shopping lifestyle. Penelitian ini menggunakan studi pada pengguna shopee di Kecamatan Kuala Samboja, Kabupaten Kutai Katanegara, Kalimantan Timur. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner pada pengguna shopee di Kecamatan Kuala Samboja, Kabupaten Kutai Katanegara, Kalimantan Timur. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji intstrumen yaitu uji validitas dan uji realibilitas, uji mormalitas, analisis uji asumsi klasik yaitu uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis yaitu uji F, uji t dan uji koefisien determinasi menggunakan pengolahan data SPSS. Penelitian ini menggunakan 75 responden. Penelitian ini menyatakan hasil bahwa hedonic shopping motives berpengaruh secara signifikan terhadap shopping lifestyle, impulse buying berpengaruh secara signifikan terhadap shopping lifestyle dan positive emotion berpengaruh secara signifikan terhadap shopping lifestyle.
Kata Kunci : Hedonic Shopping Motives, Impulse Buying, Positive Emotion Dan Shopping Lifestyle