Pengaruh Content Marketing, Brand Image dan E-Wom (Electronic Word Of Mouth) Terhadap Keputusan Pembelian Moisturizer Skintific (Studi Kasus pada Mahasiswa Feb Unisma Pengguna Aplikasi Shopee)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh content marketing, brand image dan e-WOM (electronic word of mouth) terhadap keputusan pembelian moisturizer skintific. Lokasi penelitian ini yaitu dengan menyebarluaskan kuesioner pada beberapa platform seperti Instagram, Tiktok, dan Whatsapp. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dimana data didapatkan dengan cara menyebarkan kuesioner menggunakan google form kepada mahasiswa feb Unisma pengguna aplikasi shopee yang dipilih secara purposive sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Malhotra dan di dapatkan hasil sebanyak 80 responden data di analisis menggunakan uji regresi linier berganda dan uji determinas. Berdasarkan hasil analisis data, hasil uji F menunjukkan bahwa content marketing, brand image dan e-WOM (electronic word of mouth) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian moisturizer skintific. Selanjutnya hasil uji t menunjukkan bahwa content marketing, brand image dan e-WOM (electronic word of mouth) secara parsial berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian moisturizer skintific. Hasil uji determinasi menunjukkan bahwa presentase sebesar 56,7% yang mana keputusan pembelian mampu di pengaruhi oleh content marketing, brand image dan e-WOM (electronic word of mouth). Dapat menjadi pertimbangan bagi skintific untuk terus meningkatkan pemasaran dengan memperkenalkan produk skintific kepada banyak orang melalui berbagai marketplace agar skintific menjadi lebih mudah dikenal banyak orang.
Kata kunci: Keputusan pembelian, Content marketing, Brand image dan E-WOM (electronic word of mouth)