Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi dosen
dan kinerja dosen tehadap motivasi belajar mahasiswa, penelitian ini dilakukan di
lingkungan perguruan tinggi dengan responden mahasiswa Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Universitas Islam Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang jurusan
manajemen yang sudah menempuh mata perkuliahan Ekonomi Islam dengan
jumlah 563 mahasiswa. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan
rumus Slovin sebesar 85 mahasiswa.
Data primer didapat dari hasil jawaban responden pada kuisioner yang
disebarkan sedangkan data sekunder diperoleh dari tata usaha (TU) Fakultas
Ekonomi dan Bisinis Universitas Islam Malang. Metode analisis data menggunakan
regresi linier dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kompetensi dosen berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, sedangkan kinerja dosen tidak berpengaruh dan tidak
signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Islam Malang.