Penerapan Strategi Pemasaran, Inovasi Produk Kreatif dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penerapan strategi pemasaran, inovasi produk kreatif, dan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran UMKM Makanan dan Minuman di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Probability Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara acak, dimana setiap anggota populasi memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi sampel. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji instrumen data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi (Adjusted R2). Berdasarkan hasil penelitian pada uji analisis regresi linier berganda diketahui bahwa penerapan strategi pemasaran dan orientasi berpengaruh positif sedangkan inovasi produk kreatif berpengaruh negatif dan pada hasil uji f diketahui penerapan strategi pemasaran, inovasi produk kreatif, dan orientasi pasar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM Makan dan Minuman di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Namun, pada uji t diketahui bahwa penerapan strategi pemasaran dan orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran sedangkan inovasi produk kreatif berpengaruh secara tidak signifikan
Kata Kunci : Penerapan Strategi Pemasaran, Inovasi Produk Kreatif, Orientasi Pasar, Kinerja Pemasaran