View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Agriculture
  • UT - Agribusiness
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Agriculture
  • UT - Agribusiness
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Pembelian Bunga Anggrek di “Sasa Orchid” Pasar Bunga Splendid Kota Malang

Thumbnail
View/Open
S1_PERTANIAN_AGRIBISNIS_21701032058_ADI PUTRA PRATAMA.pdf (1.421Mb)
Date
2022-01-02
Author
Pratama, Adi Putra
Metadata
Show full item record
Abstract
Salah satu jenis tanaman hias yang memiliki permintaan tinggi adalah bunga anggrek. Permintaan terhadap bunga anggrek dapat berfluktuasi. Keputusan konsumen dalam melakukan pembelian bunga anggrek tidak terlepas dari peranan konsumen dalam menilai dan mengidentifikasi produk tersebut sehingga nantinya akan memutuskan melakukan keputusan pembelian atau tidak. Keputusan konsumen yang berbeda-beda membuat pengusaha untuk dapat mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi karakteristik konsumen Sasa Orchid Splendid Kota Malang, (2). Menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam pembelian bunga anggrek di Sasa Orchid Splendid Kota Malang. Penelitian ini dilaksanakan di “Sasa Orchid” Pasar Bunga Splendid Kota Malang. Pemilihan lokasi ini dilakukan secara sengaja (purposive), yaitu didasarkan atas pertimbangan berdasarkan kesesuaian karakteristik dan tujuan penelitian. Responden di ambil dari konsumen di “Sasa Orchid sebanyak 30 orang, dengan menggunakan teknik Accidental Sampling yaitu merupakan pengambilan sampel secara kebetulan ada di tempat penelitian (Notoatmojo, 2010) sehingga didapatkan 30 responden. Data yang dikumpulkan merupakan data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan data primer dan data skunder, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis statistika (regresi model logit). Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara signifikan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli bunga anggrek adalah variabel pendapatan, harga, dan kualitas, sedangkan variabel yang tidak berpengaruh adalah variabel pendidikan, motivasi, persepsi, dan pelayanan. Untuk saran perlu dilakukan adanya penelitian lebih lanjut terhadap kemungkinan faktor lain yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli bunga anggrek. Untuk responden dalam penelitian selanjutnya diharapkan lebih banyak lagi agar mendapatkan hasil data yang lebih akurat dan maksimal. Bagi konsumen bunga anggrek agar lebih memperhatikan pelayanan pada saat akan membeli bunga anggrek. Hasil penelitian ini nantinya diharapkan dapat membantu produsen untuk lebih memahami keputusan konsumen dalam membeli suatu produk. Kata Kunci : Karakteristik Konsumen, Keputusan Konsumen, Analisis Regresi Model Logit.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3696
Collections
  • UT - Agribusiness

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group