View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Economics and Business
  • UT - Islamic Banking
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Economics and Business
  • UT - Islamic Banking
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Religiusitas, Literasi Keuangan Syariah, dan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di Bank Syariah (Studi Kasus Masyarakat Kota Malang)

Thumbnail
View/Open
Publish (2.672Mb)
Fulltext (3.250Mb)
Date
2023-10-23
Author
Rosida, Mila
Metadata
Show full item record
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh religiusitas, literasi keuangan syariah, dan kepercayaan masyarakat terhadap keputusan menjadi nasabah. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif korelasional dengan beberapa tahapan penelitian antara lain penyebaran kuesioner, pengumpulan data, dan analisis data. Responden pada penelitian ini adalah masyarakat yang berdomisili di Kota Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan menggunakan rumus Lemeshow dengan standar error sebesar 10%. Pengujian kuesioner dilakukan dengan menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel religiusitas, literasi keuangan syariah, kepercayaan masyarakat secara simultan berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah Bank Syariah. Variabel religiusitas berpengaruh secara parsial terhadap keputusan menjadi nasabah Bank Syariah, variabel literasi keuangan syariah berpengaruh secara parsial terhadap keputusan menjadi nasabah Bank Syariah, variabel kepercayaan masyarakat berpengaruh secara parsial terhadap keputusan menjadi nasabah Bank Syariah. Hasil penelitian ini memberikan tolak ukur bagi bank syariah bahwa tingkat religiusitas, literasi keuangan syariah, kepercayaan masyarakat berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah. Oleh karena itu, bank syariah harus terus mensosialisasikan kepada masyarakat. Kata Kunci: religiusitas, literasi keuangan syariah, kepercayaan masyarakat, keputusan menjadi nasabah, perbankan syariah.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10392
Collections
  • UT - Islamic Banking

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group