Pengaruh Keunggulan Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Syariah (Studi Kasus pada Masyarakat Kota Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keunggulan produk dan kualitas layanan terhadap keputusan nasabah pada bank syariah di Kota Malang Studi Kasus Pada Masyarakat Kota malang). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini sampel yang diambil adalah 100 orang yang berasal dari kota Malang. Besarnya sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling untuk memperoleh responden. Alat yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS. dengan hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa variabel independensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah pada bank syariah. Hasil pengujian secara parsial pada variabel Keunggulan Produk (X1) mempunyai pengaruh terhadap keputusan nasabah pada bank syariah (Y), dan variabel Kualitas Pelayanan (X2) mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan nasabah pada bank syariah (Y). Hasil tersebut menunjukkan semakin baik keunggulan produk yang ditawarkan dan dirasakan oleh nasabah, maka semakin tinggi pula kepuasan nasabah terhadap bank tersebut dan berdasarkan perhitungan regresi liner dengan hasil yang menunjukkan Kualitas pelayanan yg baik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah
Kata Kunci : Keunggulan Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan