Pengaruh Promosi, Customer Delight dan Service Quality Terhadap Loyalitas Pada Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Masyarakat Kota Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menilai pengaruh promsi (X1), Customer delight (X2) dan Service quality (X3) terhadap loyalitas pada bank syariah baik secara parsial maupun simultan. Metode korelasional yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah masyarkat Kota Malang sebanyak 96 masyarakat. Dalam penelitian ini, kuisioner digunakan sebagai metode pengumpulan data. Uji validitas dan uji reliabilitas digunakan untuk mengukur kinerja dari instrumen tersebut. Tidak hanya itu penelitian ini juga menggunakan Uji normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heteroskedastisitas, Analisi Regresi Linier Berganda, Uji F, Uji R2, dan uji t. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa: (1)Pengaruh Promosi,Customer Delight dan Service Quality secara simultan terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia, yakni Promosi, Customer Delight dan Service Quality berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia (2) Pengaruh Promosi terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia, yakni Promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia. (3) Pengaruh Customer delight terhadap loyalitas nasabah bank syariah, Yakni customer delight berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah bank syariah indonesia (4) Pengaruh Service quality terhadap loyalitas nasabah bank syariah, yakni Service quality berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah bank syariah Indonesia.
Kata Kunci: Promosi, Customer Delight, Service Quality, loyalitas pada Bank Syariah.