Pengaruh Servicescape dan Promosi Penjualan terhadap Impluse Buying dengan Shopping Emotion Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Konsumen Arema FC Official Store)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung dan pengaruh tidak
langsung dari lima variabel yaitu Servicescape, Promosi Penjualan, Impluse Buying,
Shopping Emotion. Populasi dalam penelitian ini adalah Pelanggan Arema FC Official.
Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling sehingga 100 responden
yang memenuhi kriteria. Penelitian ini dilakukan dengan metode Path Analysis dan Sobel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel servicescape dan promosi penjualan
berpengaruh langsung terhadap pembelian impuls, variabel servicescape dan promosi
penjualan berpengaruh langsung terhadap emosi belanja, emosi belanja berpengaruh langsung
terhadap pembelian impulsif dan emosi belanja sebagai variabel intervening. terbukti secara
signifikan memediasi pengaruh tidak langsung servicescape pada pembelian impulsif, tetapi
tidak secara signifikan memediasi pengaruh tidak langsung promosi penjualan terhadap
pembelian impulsif.
Kata Kunci : Servicescape, Promosi Penjualan, Impluse Buying, Shopping Emotion.