Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (7p) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Nasi Bakar Bilmar Adam (Studi Pada Konsumen Nasi Bakar Bilmar Adam Di Kecamatan Kumai Provinsi Kalimantan Tengah)
Abstract
Beberapa tahun ini pertumbuhan industri rumah makan mengalami
perkembangan secara pesat, dengan kebutuhan masyarakat yang semakin besar
akan makanan untuk memenuhi kebutuhan primer nya. Semakin banyaknya bisnis
makanan yang baru dibuka mengakibatkan semakin banyak pula variasi pilihan
tempat bagi konsumen untuk memilih tempat untuk makan. Banyak aspek yang
dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, salah satunya dengan
menerapkan strategi bauran pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh bauran pemasaran (7P) terhadap keputusan pembelian pada Rumah
Makan Nasi Bakar Bilmar Adam. Populasi didalam penelitian ini adalah konsumen
Nasi Bakar Bilmar Adam pada periode Maret 2020 sebanyak 538 konsumen dengan
jumlah sampel sebanyak 84 responden yang dipilih menggunakan teknik accidental
sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi
linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel product, price,
place, promotion, people, physical evidence, and process secara simultan
berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Variabel product, price, place,
promotion, people, physical evidence, and process berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian.