Paradigma Positive Thinking: Upaya Menyelenggarakan Proses Terbaik dalam Pembelajaran Matematika Sekolah
Abstract
Fakta selama ini, lembaga pendidikan
berkompetisi untuk memperoleh masukan (input)
yang unggul, sementara sebagian lainnya, rela
mendapat masukan sisa yang notabene berkualitas
rendah. Kita tidak perlu berdebat mana yang lebih
baik. Tetapi, akan lebih bijak mencari solusi apa
yang kita hadapi ketika menyelenggarakan
pembelajaran matematika di kelas. Solusinya
adalah menyelenggarakan proses pembelajaran
matematika secara baik. Salah satunya adalah
mengimplementasikan paradigma berpikir positif
(positive thinking) dalam pembelajaran matematika.
Faktanya, masih ada sebagian peserta didik yang
masih berpikir negatif terhadap matematika, yang
bisa berdampak pada fobia matematika. Paradigma
berpikir positif (positive thinking) bisa menjadi
solusi pemecahan alternatif untuk membangkitkan
gairah peserta didik dalam belajar matematika.
URI
http://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/446http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2330