Abstract:
Pertumbuhan pelaku bisnis dituntut harus mengetahui perubahanperubahan
yang terjadi pada pasar dan mampu menciptakan ide-ide yang kreatif
agar produk yang ditawarkan dapat menarik perhatian para konsumen, sehingga
apa yang diinginkan oleh konsumen dapat dipenuhi dengan baik dan sesuai
kebutuhan para konsumen. Seorang konsumen dalam mengambil keputusan
penggunaan suatu produk dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya
karena harga, promosi dan kualitas pelayanan yang di lakukan oleh perusahaan.
Mengacu dari kenyataan tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian tentang
Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan
Menggunakan Gojek Pada Mahasisawa Unisma di Kota Malang serta mengetahui
variabel dominan yang membuat konsumen tertarik dalam menggunakan Gojek
pada mahasiswa Universitas Islam Malang.
Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa S-1 Universitas Islam
Malang.sampel pada penelitian ini di ambil dengan teknik Purposive Sampling
yang berjumlah 96 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis
regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan Harga, Promosi
dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
menggunakan Gojek . sedangkan hasil uji dominan menunjukkan bahwa variabel
promosi adalah variabel yang paling dominan membentu keputusan menggunakan
gojek pada mahasiswa Universitas Islam Malang.