Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan strategi marketing mix yang efektif dalam usaha meningkatkan kinerja pemasaran yang berfokus pada pertumbuhan penjualan. Lokasi penelitian di perusahaan CV. Sarjana Tembakau Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan dua pendekatan analisis, yaitu analisis dekriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data, strategi marketing mix merupakan paduan bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, saluran distribusi dan promosi. Strategi yang dilakukan CV. Sarjana Tembakau Malang mencermati poin efektivitas pemasaran guna memberikan ketepatan strategi pemasaran yang dilaksanakan perusahaan. Demikian itu menjadi penting guna meningkatkan kinerja pemasaran yakni pada target pertumbuhan penjualan perusahaan. Kata Kunci : Strategi Marketing Mix, Efektivitas Pemasaran, Kinerja Pemasaran