Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dapat digunakan pada usaha kerajinan Kendang Djimbe UD Fajar Jaya berdasarkan analisis SWOT dalam meningkatkan volume penjualan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik usaha kerajinan Kendang Djimbe UD Fajar Jaya. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Dalam strategi S-O yang dapat dilakukan UD Fajar Jaya adalah dengan melakukan sistem pembelian dan penyimpanan bahan baku. (2) Dalam strategi W-O yang dapat dilakukan UD Fajar Jaya adalah memanfaatkan ketersediaan bahan untuk membuat produk lain. (3) Dalam strategi ST yang dapat dilakukan UD Fajar Jaya adalah memanfaatkan kualitas bahan baku dan produk jadi. (4) Dalam strategi W-T yang dapat dilakukan UD Fajar Jaya adalah melakukan inovasi dan desain produk.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT dan Volume Penjualan