Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Kebutuhan Mencari Variasi dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Perpindahan Merek Pada Lipstik Merek Implora Ke Wardah. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswi FEB UNISMA 2017. Pemilihan sampel yaitu Mahasiswi yang pernah menggunakan lipstik merek implora dan wardah. Dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 70 mahasiswi FEB UNISMA 2017. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda dengan metode kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ketidakpuasan konsumen, kebutuhan mencari variasi dan word of mouth secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan perpindahan merek (2) Ketidakpuasan konsumen secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan perpindahan merek (3) Kebutuhan mencari variasi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan perpindahan merek (4) Word of mouth secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan perpindahan merek.
Kata kunci : Ketidakpuasan konsumen, kebutuhan mencari variasi, word of mouth dan keputusan perpindahan merek