Pengaruh Islamic Branding dan Customer Religiosity Terhadap Keputusan Pembelian Produk pada Mini Market Al-Khaibar
Abstract
Banyaknya usaha dibidang ritel pada saat ini membuat para pengusaha untuk menerapkan strategi marketing lebih baik lagi, tidak hanya mempersiapkan strategi marketing yang akurat akan tetapi perlu memberikan brand yang sesuai pada karakteristik para Konsumen, seperti hal nya minimarket Al-Khaibar yang menggunakan Islamic branding sebagai identitas dalam memberikan atau menwarkan produknya yang sesuai pada kebutuhan konsumen. Melihat Indonesia sebagai negara muslim dengan tingkat populasi terbanyak hal ini menjadikan strategi marketing yang sangat bagus.Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada konsumen minimarket Al-Khaibar. Total sampel pada penelitian ini sebanyak 95 responden kemudian diolah menggunakan software statistic SPSS kemudian menggunakan regresi linier berganda, Analisis yang digunakan pada penelitian ini meliputi pengukuran uji validitas dan reliabilitas serta asumsi klasik.Hasil temuan pada penelitian ini bahwasannya Islamic branding dan religiusitas berpengarus secara signifikan terhadap keputusan pembelian baik sacara simultan maupun parsial. Sehingga dapat disimpulkan semakian kuat Islamic branding yang diciptakan serta semakin tinggi tingkat religiusitas pembeli, maka keputusan pembelian akan ikut meningkat.
Kata Kunci: Islamic Branding, Religiusitas, dan Keputusan Pembelian.