Profil Kecemasan Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika
Abstract
Kecemasan matematika merupakan suatu kondisi tidak nyaman seperti perasaan khawatir dan tegang ketika dihadapkan pada suatu masalah matematika. Terdapat tiga tingkatan kecemasan matematika yaitu kecemasan berat, kecemasan sedang, dan kecemasan ringan.
Fokus penelitian ini adalah mengeksplorasi profil kecemasan matematika siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian phenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah empat siswa SMP kelas VIII. Masalah matematika yang dijadikan kajian adalah masalah terbuka, subjektif, dan non-routine. Soal terbuka (open ended) ditandai dengan timbulnya beragam solusi yang unik individualistik, yang mendorong siswa beradaptasi.
Analisis data dilakukan berdasarkan data pada lembar solusi subjek dalam menyelesaikan masalah bangun ruangsisi datar. Setiap langkah diidenfikasi ada/tidaknya indikator kecemasan matematika. Selain itu, analisis juga dilakukan pada cuplikan wawancara dan angket siswa.
Hasil penelitian menunjukkan profil kecemasan matematika siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Dalam penelitian ini terdapat dua siswa dengan tingkat kecemasan berat, satu siswa dengan tingkat kecemasan sedang, dan satu siswa dengan tingkat kecemasan ringan. Hasil akhir dari penelitian ini menjelaskan bahwa siswa dengan tingkat kecemasan ringan akan lebih mudah untuk menyelesaikan permasalahan matematika. Siswa dengan tingkat kecemasan sedang mengalami sedikit kesulitan pada proses melaksanakan rencana penyelesaian seperti langkah apa yang akan dilakukan selanjutnya dalam proses perhitungan, tetapi siswa masih bisa menyelesaikan permasalahan matematika dengan jawaban yang kurang tepat. Siswa dengan tingkat kecemasan berat mengalami kesulitan pada proses merencanakan penyelesaian dan melaksanakan rencana penyelesaian.
Kata kunci: Bangun Ruang Sisi Datar, Kecemasan Matematika, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Open Ended
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematika Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran ELPSA (Experience, Language, Picture, Symbol, Application) Menggunakan Media Visual pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Kelas VII SMP Islam Gandusari
Wahidurrijal, Wanda Editya (Universitas Islam Malang, 2022-06-29)Pembelajaran matematika adalah serangkaian proses kegiatan dalam mempelajari konsep matematika dan struktur-struktur matematika yang melibatkan pendidik dan peserta didik dalam usaha mencapai kompetensi dasar yang telah ... -
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kecemasan Matematika Ditinjau Berdasarkan Self Effiacy pada Materi Pola Bilangan Peserta Didik Kelas VIII M.Ts. Al-Faqih Pakis
Hidayatuloh, Sarip (Universitas Islam Malang, 2023-01-14)Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Dimana peserta didik mampu bagaimana cara mengatasi permasalahan yang berhubungan dengan kegiatan ... -
Terapi Fobia Matematika Menggunakan Multimedia “Digimonica” di SMA Islam Hasyim Asy’ari Batu
Rosikin, Ainur; Arianto, Yoga Klody; Pramawanda, Nanda Amaliah; Fathani, Abdul Halim (IAIN Tulungagung, 2020-06)Tujuan penelitian ini untuk mengatasi siswa yang mengalami fobia matematika dengan melakukan terapi matematika. Terapi matematika yang dilakukan ini menggunakan multimedia “digimonica.” Penelitian ini menggunakan metode ...