Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Persepsi Teknologi, Tingkat Kepercayaan, dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah dalam Menggunakan Fasilitas Internet Banking pada Bank Syariah (Studi Kasus Nasabah Bank Syariah Indonesia Kota Batu)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap, norma subjektif, persepsi teknologi, tingkat kepercayaan, dan kemudahan terhadap minat nasabah dalam menggunakan fasilitas internet banking pada bank syariah (Studi kasus nasabah Bank Syariah Indonesia Kota Batu). Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Sampel dalam penelitian ini yaitu 100 responden yang merupakan nasabah dari Bank Syariah Indonesia di Kota Batu. Metoder analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan SPSS 25. Hasil peneltian menunjukkan bahwa variabel independen, diantaranya sikap (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat (Y), norma subjektif (X2) tidak berpengaruh terhadap minat (Y), persepsi teknologi (X3) tidak berpengaruh terhadap minat (Y), tingkat kepercayaan (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat (Y), kemudahan (X5) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat (Y). Sebaliknya, variabel Sikap (X1), Norma Subjektif (X2), Persepsi Teknologi (X3), Tingkat Kepercayaan (X4), dan Kemudahan (X5) berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap Minat (Y).
Kata Kunci: Sikap, Norma Subjektif, Persepsi Teknologi, Tingkat Kepercayaan, Kemudahan, Minat, Internet Banking