Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pengaruh relationship marketing terhadap customer loyalty PT. Gadai Terang Abadi Mulia Unit Bangkalan. 2) Mengetahui pengaruh customer value terhadap customer loyalty PT. Gadai Terang Abadi Mulia Unit Bangkalan. 3) Mengetahui pengaruh service quality terhadap customer loyalty PT. Gadai Terang Abadi Mulia Unit Bangkalan. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengambilan sampel dan populasi menggunakan teknik non probability sampling. Analisis yang digunakan adalah uji instrumen, uji normalitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t, dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan 1) Relationship marketing berpengaruh terhadap customer loyalty PT. Gadai Terang Abadi Mulia Unit Bangkalan. 2) Customer value berpengaruh terhadap customer loyalty PT. Gadai Terang Abadi Mulia Unit Bangkalan. 3) Service quality berpengaruh terhadap customer loyalty PT. Gadai Terang Abadi Mulia Unit Bangkalan.
Kata kunci: Customer Loyalty, Relationship Marketing, Customer Value dan
Service Quality