Pengaruh Harga, Promosi dan Brand Image Terhadap Loyalitas Konsumen Grab ( Studi kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang )
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi dan brand image terhadap loyalitas konsumen grab. Penelitian ini dilakukan di FEB Universitas Islam Malang dan populasinya yaitu Mahasiswa FEB jurusan Manajemen angkatan 2018 Universitas Islam Malang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sejumlah 91 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan alat bantu aplikasi IBM SPSS 25 (Statistical Product and Service Solutions). Berdasarkan pengujian menggunakan analisis Uji simultan F hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X (harga, promosi dan brand image) secara simultan terhadap variabel Y (loyalitas konsumen) dan analisis Uji parsial t menunjukan bahwa variabel harga secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap variabel loyalitas konsumen, variabel promosi secara parsial berpengaruh negatif terhadap variabel loyalitas konsumen dan variabel brand image secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap variabel loyalitas konsumen.
Kata Kunci : harga, promosi, brand image, loyalitas konsumen, transportasi online, grab.