Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Waroeng Om Kota Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan bauran promosi terhadap keputusan pembelian produk Waroeng Om Kota Malang. Lokasi penelitian ini dilakukan pada masyarakat dan mahasiswa yang berada di Kota Malang yang menjadi konsumen Waroeng Om Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dimana data didapatkan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada masyarakat dan mahasiswa yang berada di Kota Malang yang dipilih secara purposive sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Maholtra dan didapatkan hasil sebanyak 85 responden. Data dianalisa menggunakan uji regresi linear berganda dan uji determinas. Berdasarkan hasil analisis data, hasil uji F menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, kualitas produk dan bauran promosi secara simultan berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Waroeng Om Kota Malang. Selanjutnya hasil uji t menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, kualitas produk dan bauran promosi secara parsial berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian produk Waroeng Om Kota Malang. Hasil uji determinasi menunjukkan bahwa persentase sebesar 60,5%, yang mana keputusan pembelian mampu dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, kualitas produk dan bauran promosi. Sebaiknya manajemen harus lebih memperhatikan sikap dan perilaku konsumen dalam tahapan pembelian, salah satunya dengan memberikan kulitas produk yang baik sehingga konsumen akan mudah membeli produk Waroeng Om Kota Malang lebih tepat dan cepat.
Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Bauran promosi