Analisis Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Menggunakan Platform Crowdfunding Berbasis Zakat untuk Menanggulangi Dampak Merugikan Covid-19 pada UKM Kabupaten Nganjuk
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harapan kinerja, harapan usaha, pengaruh sosial, dan kondisi fasilitas terhadap perilaku konsumen menggunakan Platform Crowdfunding berbasis zakat untuk menanggulangi dampak merugikan Covid-19 pada UKM Kabupaten Nganjuk. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Sampel dalam penelitian ini yaitu 52 responden yang merupakan pelaku UKM Kabupaten Nganjuk. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen, diantaranya harapan kinerja (X1), berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen menggunakan Platform Crowdfunding berbasis zakat untuk menaggulangi dampak merugikan Covid-19 (Y), harapan usaha (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen menggunakan Platform Crowdfunding berbasis zakat untuk menaggulangi dampak merugikan Covid-19 (Y), pengaruh sosial (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen menggunakan Platform Crowdfunding berbasis zakat untuk menaggulangi dampak merugikan Covid-19 (Y), kondisi fasilitas (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumenmmenggunakan Platform Crowdfunding berbasis zakat untuk menaggulangi dampak merugikan Covid-19 (Y). Sedangkan variabel harapan kinerja, harapan usaha, pengaruh sosial, kondisi fasilitas berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap perilaku konsumen menggunakan Platform Crowdfunding berbasis zakat untuk menaggulangi dampak merugikan Covid-19 (Y).
Kata Kunci: Harapan Kinerja, Harapan Usaha, Sosial, Kondisi Fasilitas, Perilaku Konsumen