Pengaruh Kepercayaan dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Pengguna Kartu Operator Seluler Simpati di Desa Batudinding, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep, Madura)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan dan
harga terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan sebagai variabel intervening
pada pengguna kartu operator seluler di desa Batudinding. Populasi dalam
penelitian ini adalah pelanggan kartu operator seluler simpati yang pernah
membeli produk simpati yang jumlah sampelnya 80 responden. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode judgement sampling yang
telah dihitung menggunakan metode Naresh K Malhotra yang berjumlah 80
responden. Analisis menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan dan harga memiliki pengaruh
tidak signifikan dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepercayaan dan
harga memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan, kepuasan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan mampu memediasi
hubungan antara kepercayaan dan harga terhadap loyalitas pelanggan.