Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, inovasi produk dan strategi pemasaran terhadap keunggulan bersaing pada UMKM Batik Tulis Argotirto. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer dengan membagikan kuesioner kepada responden. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Batik Tulis Argotirto dengan jumlah sampel 64 konsumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan alat analisis data. Berdasarkan hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa kualitas produk, inovasi produk dan strategi pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing pada UMKM Batik Tulis Argotirto. Sedangkan secara parsial terdapat pengaruh antara variabel kualitas produk, inovasi produk, dan strategi pemasaran terhadap keunggulan bersaing pada UMKM Batik Tulis Argotirto.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Inovasi Produk, Strategi Pemasaran, Keunggulan Bersaing