Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh selebrity endorse terhadap
minat beli konsumen produk es krim magnum pada mahasiswa Fakultas Ekonomi
Bisnis Universitas Isalam Malang. Populasi dalam penelitian sebanyak 250, dan
sampel sebanyak 71 responden yang diambil berdasarkan rumus slovin. Teknik
pengumpulan data dengan penyebaran kuisioner. Sedangkan analisa datanya
menggunkan uji validitas dan reabilitas, uji normalitas, uji regresi linier sederhana
dan uji T.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa uji validitas dinyatakan valid dengan
nilai r hitung lebih besar dari r tabel yaitu 0,23 dan uji reabilitas dinyatakan
reliabel dengan nilai cronbach alpha lebih dari 0,6. Kemudian uji normalitas
diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,833 lebih besar dari 0,05 maka berdistribusi
normal.
Hasil uji regreri linier sederhana diperoleh persamaan regresi Y = 1,371 +
0,615X menunjukan bahwa apabila variable celebrity endorser (X) meningkat
maka akan menyebabkan peningkatan pula terhadap variable minat beli konsumen
(Y). sedangkan pada uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 5,322 lebih besar dari t
tabel 1.667 dan nilai sig 0,000 kurang dari 0,005 dengan demikian variabel X
berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y.