Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Pelanggan Bengkel AHASS di Lowokwaru Kota Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan kualitas
pelayanan terhadap kepuasan konsumen bengkel AHASS. Populasi pada penelitian
ini adalah pelanggan yang pernah datang atau lebih dari satu kali menjadi konsumen
bengkel AHHAS 01734 Feko Motor. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
deskriptif dengan menggunakan pendeketan kuantitatif dan juga menggunakan
penelitian kuisioner. Metode penelitian yang digunakan adalah regresi linier
berganda. Sampel dalam penelitin ini diambil menggunakan rumus slovin dengan
teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sempel dengan kriteria tertentu
yaitu minimal dua kali datang ke bengkel AHASS dan merupakan pelanggan
bengkel. Diperoleh sampel 91 responden pada popilasi 1000 konsumen.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fasilitas (X1) berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan konsumen (Y) dengan nilai (sig 0.048), kualitas pelayanan (X2)
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) dengan nilai (sig 0.019).