Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Nasabah Tabungan sebagai Variabel Intervening pada PT. Bank Negara Indonesia, Tbk. Cabang Malang (Studi pada Nasabah PT. Bank Negara Indonesia, Tbk. Cabang Malang)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
kualitas pelayanan terhadap loyalitas melalui kepuasan nasabah tabungan
sebagai veriabel intervening pada PT. Bank Negara Indonesia Tbk, Cabang
Malang. Populasi pada penelitian ini adalah nasabah tabungan yang sering
melakukan transaksi baik langsung datang ke kantor maupun hanya
bertransaksi melalui mesin ATM pada PT. Bank Negara Indonesia Tbk,
Cabang Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dimana
peneliti melakukan observasi dalam pengumpulan data, peneliti hanya
mencatat data apa adanya, menganalisis dan menafsirkan data tersebut.
Metode penelitian yang digunakan adalah regresi linier berganda. Sampel
dalam penelitian ini diambil menggunakan judgmental sampling yaitu dengan
memilih orang-orang yang terseleksi sehinggga dipandang memiliki sangkut
paut yang erat dengan cirri-ciri khusus yang dimiliki sampel tersebut yang
sudah diketahui sebelumnya.
Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh secara langsung antara
kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah yaitu sebesar 0,252 dan
pengaruh secara langsung kepuasan terhadap loyalitas nasabah yaitu sebesar
0,399. Adanya pengaruh secara langsung menunjukkan bahwa dengan
semakin meningkatnya kualitas pelayanan maka loyalitas konsumen akan
mengalami peningkatan. Hasil analisis pengaruh secara langsung dapat
diketahui bahwa kepusan berpengaruh terhadap loyalitas yaitu sebesar 0,399.