Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Saat Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada Kelompok Usaha Bersama Jati Aji di Desa Geneng Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro)
Abstract
Dari data ekspor yang didapat dari data Pusdatin Kemenperin tahun 2020 menyatakan bahwasanya di masa pandemi covid-19 mengalami perubahan pada geliat ekspor furniture di jawa timur sangat tidak stabil. Kegiatan ekspor furniture juga berpengaruh pada kelompok usaha bersama jati aji, karena kebanyakan pemesan dari kelompok ini melarikan dagangan ke luar negri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Orientasi pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran saat pandemi covid-19 (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha Bersama Jati Aji di desa Geneng Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro. Populasi dari penelitian ini adalah anggota Kelompok Usaha Bersama Jati Aji.Dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh Jadi jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 55 anggota dari Kelompok Usaha Bersama Jati Aji. Hasil penelitian menunjukan Pendapat pelaku usaha terhadap Orientasi pasar yang dilakukan adalah bahwa memahami dan bersikap baik dengan pelanggan dan memonitor kekuatan dari pesaing adalah hal yang wajib dilakukan. Dari hasil inovasi produk yang menyatakan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran bisa dijelaskan karena inovasi produk yang dilakukan oleh anggota kelompok usaha bersama.
Kata kunci: Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Kinerja Pemasaran,Kelompok Usaha Bersama Jati Aji.