Pengaruh Iklan Sosial Media, Influencer Marketing, dan Electronic Word-Of-Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Avoskin (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB UNISMA)
Abstract
Perkembangan industri dan teknologi yang sedemikian pesat, serta munculnya berbagai ide bisnis yang kreatif dan inovatif berbasis teknologi. Avoskin Beauty merupakan salah satu ide bisnis kreatif dan inovatif pada bidang kecantikan dan perawatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh iklan sosial media, influencer marketing, dan electronic word-of-mouth (e-WOM) terhadap keputusan pembelian produk kecantikan avoskin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel mempergunakan metode purposive sampling, dari mahasiswa aktif Angkatan 2019 dan 2020 prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNISMA pengguna Avoskin Beauty yang berusia 17 tahun keatas. Adapun jumlah sampel ditentukan dengan rumus Malhotra sehingga diperoleh 80 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial iklan sosial media, influencer marketing, dan electronic word-of-mouth (e-WOM), berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk kecantikan avoskin. Secara simultan iklan sosial media, influencer marketing, dan electronic word-of-mouth (e-WOM) berpengaruh secara positif signifikan terhadap keputusan pembelian produk kecantikan avoskin.
Kata Kunci: Iklan Sosial Media, Influencer Marketing, Electronic Word-Of-Mouth (e-WOM), Keputusan Pembelian