Abstract:
Penelitian ini dilakukan di komunitas Mi Fans di Kota Malang. Jenis
penelitian yang digunakan adalah explanatory research (penelitian kuantitatif)
melalui pendekatan kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh brand image, word of mouth, dan brand community terhadap loyalitas
pelanggan. Variabel bebas yang digunakan adalah brand image, word of mouth,
dan brand community, sedangkan variabel terikatnya adalah loyalitas pelanggan.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 80 responden yang merupakan
anggota komunitas Mi Fans Kota Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan
kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah uji instrumen, analisis regresi
linier berganda, uji asumsi klasik, uji determinasi, uji f dan uji t menggunakan
bantuan perangkat lunak komputer SPSS pengolahan data. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa brand image berpengaruh positif terhadap loyalitas
pelanggan, word of mouth berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, brand
community berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan.