Penelitian ini dilakukan di Kantor SAMSAT Karangploso di Kecamatan
Karangploso Kabupaten Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh tingkat pemahaman pajak dan kualitas pelayanan terhadap
kepuasan pelanggan. Variabel bebas yang digunakan adalah tingkat pemahaman
pajak dan kualitas pelayanan, sedangkan variabel terikat adalah kepuasan
pelanggan . Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 90 responden
yang melakukan pembayaran pajak pada Kantor SAMSAT Karangploso. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuisioner. Metode analisis yang digunakan
adalah uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis,
uji determinasi dengan bantuan sofware SPSS . Hasil pada penelitian menunjukkan
bahwa variabel tingkat pemahaman pajak dan kualitas pelayanan secara parsial
dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.