Pengaruh Green Marketing, Life Style, dan Kesadaran Lingkungan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen Damar Coffee Kota Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh simultan variabel green marketing, life style dan kesadaran lingkungan terhadap keputusan pembelian konsumen di Damar Coffee. Lokasi penelitian ini dilakukan pada konsumen Damar Coffee. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dimana data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada konsumen Damar Coffee dipilih dengan teknik simple random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan dengan rumus Maholtra dengan hasil 80 responden. Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi linier berganda dan uji determinasi. Berdasarkan hasil analisis data, hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan green marketing, life style dan kesadaran lingkungan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Damar Coffee. Selanjutnya hasil uji t menunjukkan bahwa green marketing, dan kesadaran lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Damar Coffee. Sedangan variabel lifestylle tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Damar Coffee. Hasil uji determinasi menunjukkan proporsi sebesar 60,2%, dimana keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh green marketing, life style dan kesadaran lingkungan. Berdasarkan keterbatasan dalam penelitian ini, diharapkan untuk peneliti selanjutnya agar menggunakan metode pengumpulan data menggunakan equestionnair (kuesioner online). Dengan menggunakan kuesioner online diharapkan dapat selaras dengan tinjauan penelitian selanjutya terkait pemasaran hijau dan mengurangi limbah kertas.
Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Green Marketing, Life Style, Kesadaran Lingkungan.