Dampak Brand Image, Harga, dan Brand Trust Terhadap Keputusan Menggunakan Paket Umroh (Study Kasus Travel PT. Raya Al-Madinah Karangploso Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara Brand Image, Harga, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Menggunakan Paket Umroh Studi Kasus Pada Travel PT. Raya Al-Madinah Karangploso Malang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah dengan menggunakan kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada pelanggan Travel Raya Al-Madinah yaitu pada alamat Jl. Raya tanjung sari ruko kav 8 kepuharjo karangploso Malang. Jawa Timur Kode Pos 65152. Penentuan jumlah sampel penelitian ini menggunakan “purposive sampling” dengan menggunakan skala likert dan didapatkan hasil sebanyak 75 responden. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji Instrumen, Uji Normalitas, Uji Regresi Linier Berganda dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil Uji Simultan (Uji F) menunjukkan bahwa Variabel Brand image, harga, dan brand trust secara simultan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan menggunakan paket umroh (studi pada Travel PT. Raya Al-Madinah karangploso Malang). Hal tersebut berarti bahwa brand image, harga, dan brand trust dapat menjelaskan keputusan menggunakan travel umroh pada PT Raya Al-Madinah. Selanjutnya hasil Uji Parsial (uji t) menunjukkan Variabel Brand Image (X1), Harga (X2), dan Brand Trust (X3) berpengaruh terhadap keputusan menggunakan paket umroh (studi pada Travel PT. Raya Al-Madinah karangploso Malang). Hal tersebut berarti bahwa semakin tinggi pula pula keputusan untuk menggunakan travel PT Raya Al-Madinah. Hasil uji determinasi menunjukkan bahwa sebesar 59,9% variasi atau perubahan dalam Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Harga, Produk, Promosi dan Lokasi. Sedangkan sisanya sebesar 40,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Brand Image, Harga, Brand Trust, Dan Keputusan Menggunakan