Pengaruh Online Customer Review, Promo Special Event Day, dan Star Seller Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer review, promo special event day, dan star seller terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer dengan membagikan kuesioner kepada responden dan data sekunder untuk mengetahui jumlah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang aktif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Tahun 2019,2020, dan 2021 Universitas Islam Malang, sedangkan sampel pada penelitian ini sebanyak 70 responden dengan kriteria yang sudah ditentukan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linier berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Dari penelitian menunjukkan bahwa secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Sedangkan secara parsial online customer review dan promo special event day berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee, lalu star seller secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee.
Kata Kunci: Online Customer Review, Promo Special Event Day, dan Star Seller