Pengaruh Electronic Word of Mouth (Ewom) Terhadap Keputusan Pembelian pada Shopee Dimediasi Oleh Citra Merek (Studi Kasus Mahasiswa Unisma FEB Angkatan 2019)
Abstract
Penelitian ini menganalisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee Dimediasi Oleh Citra Merek. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 100 responden. Data didapatkan dari kuesioner yang disebarkan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Angkatan 2019 Universitas Islam Malang yang pernah membeli di Shopee yang dipilih secara purposive sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 25. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis jalur (path analysis), dan uji hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth berpengaruh langsung terhadap citra merek, Electronic Word of Mouth tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, Citra Merek tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, dan Citra Merek tidak dapat memediasi Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian.
Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Citra Merek, Keputusan Pembelian