Pengaruh Keamanan, Kenyamanan, Kualitas Layanan dan Fitur Aplikasi Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Pengguna Mobile Banking
Abstract
Pemanfaatan teknologi merupakan upaya terpenting dalam mengembangkan perusahaan, termasuk dalam dunia perbankan seperti pemanfaatan aplikasi mobile banking. Salah satu permasalahan yang di alami para nasabah dalam mengaplikasikan mobile banking yaitu kurangnya pemahaman ketika menggunakan mobile banking. Berdasakan paparan tersebut, peneliti berkeinginan untuk mengetehui pengaruh keamanan, kenyamanan, kualitas layanan dan fitur aplikasi terhadap kepuasan nasabaah. Penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan metode pendekatan kuantitatif dengan kuesioner sebagai instrument penelitian. Uji analisis yang digunakan adalah Uji kualitas data, Uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 24. Hasil penelitian berdasarkan uji t dan uji f membuktikan bahwa variabel keamanan, kenyamanan, kualitas layanan, fitur aplikasi berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pengguna mobile banking. Diharapkan agar tetap menjaga dan meningkatkan kepuasan nasabah dengan melihat beberapa variabel keamanan, kenyamanan, kualitas layanan dan fitur aplikasi.
Kata kunci: Keamanan, Kenyamanan, Kualitas layanan, Fitur aplikasi, Kepuasan nasabah