Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pendampingan, dan Modal Terhadap Keberhasilan Usaha UMKM (Studi Kasus Nasabah Bank Syariah Kabupaten Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa, mengetahui, serta menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan, pendampingan, dan modal terhadap keberhasilan usaha UMKM pada nasabah Bank Syariah di Kabupaten Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Kualitas pelayanan pada penelitian ini diukur menggunakan modal CARTER, yakni penambahan compliance “kepatuhan dalam hukum Islam” yang digunakan untuk mengukur pelayanan pada perbankan syariah. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 75 nasabah Bank Syariah di Kabupaten Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket kuesioner. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji F simultan, koefisien determinasi, dan uji t. Hasil penelitian ini secara simultan variabel kualitas pelayanan, pendampingan, dan modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha UMKM. Sedangkan secara parsial, variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha UMKM, variabel pendampingan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha UMKM, variabel modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha UMKM.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Pendampingan, Modal, Keberhasilan Usaha UMKM.