Pengaruh Pengetahuan, Prospek Bisnis dan Kesadaran Halal Terhadap Kepatuhan Sertifikasi Halal Pengusaha Kuliner Kecamatan Paciran Lamongan
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui dan pengaruh pengetahuan (X1), Prospek Bisnis (X2) dan Kesadaran Halal (X3) terhadap kepatuhan sertifikasi halal secara simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian Ialah pedagang kuliner diKecamatan Paciran Lamongan sebanyak 86 responden. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian purposive sampling. Dalam penelitian ini, kuesioner digunakan sebagai metode pengumpulan data. Uji validitas dan Uji reliabilitas digunakan untuk mengukur kinerja dari istrumen tersebut. Tidak hanya itu penelitian ini menggunakan Uji normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heteroskedastisitas, Analisa regresi Linier Berganda, Uji F, Uji T, dan Uji R2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable pengaruh, Prospek bisnis, kesadaran halal berpengaruh signifikan terhadap variable kepatuhan sertifikasi halal, pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan sertifikasi halal. Prospek Bisnis berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan sertifikasi halal. Kesadaran Halal berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan sertifikasi halal.
Kata Kunci : Pengetahuan, Prospek Bisnis, Kesadaran Halal, Kepatuhan Sertifikasi Halal