EFEKTIVITAS STRATEGI TWO STAY-TWO STRAY DALAM PEMBELAJARAN PUISI BAHASA INGGRIS DI PERGURUAN TINGGI
Abstract
Dalam pengajaran bahasa Inggris, teks sastra banyak digunakan sebagai materi
tambahan untuk memperkaya kompetensi kebahasaan mahasiswa baik lisan maupun tulis.
Penggunaan sastra dalam pengajaran bahasa memberikan banyak kontribusi untuk
meningkatkan prestasi mahasiswa seperti berpikir kreatif, motivasi, dan kesenangan.
Pada tingkat universitas, sastra diajarkan tidak hanya sebagai materi tambahan tetapi juga
sebagai matakuliah. Di berbagai universitas di Indonesia, sastra sebagai matakuliah wajib
yang dikelompokkan berdasarkan genre sastra, seperti Pengantar Sastra, Puisi 1, Puisi 2,
Prosa 1, Prosa 2, Drama 1, Drama 2, dan Penelitian Sastra. Sastra sebagai matakuliah
dapat memberikan dampak positif, pengetahuan, ide dan kesadaran kepada mahasiswa
ketika mereka membaca, menganalisis atau mengapresisasi karya sastra.