Efektifitas Promosi Melalui Sosial Media Instagram Dengan Menggunakan Pendekatan Epic Model (Studi Kasus Pada Garden Café)
Abstract
Promosi dapat dikatakan sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan suatu
program pemasaran untuk memberikan informasi tentang keberadaan suatu
produk. Media sosial merupakan salah satu alat promosi yang paling banyak
digunakan. Perkembangan teknologi mendorong pemasar untuk berkreasi dalam
beriklan dengan memanfaatkan media sosial. Beriklan di media sosial
memerlukan strategi dan upaya menarik baik secara emosional maupun rasional
untuk menumbuhkan minat beli pengguna media sosial. Masyarakat di Indonesia
cukup aktif dalam menggunakan Instagram. Kepopuleran Instagram dipandang
oleh para pebisnis sebagai peluang yang efektif untuk mempromosikan produk
bisnisnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi
kasus di Garden Café. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi
dan studi dokumentasi. Terdapat 4 partisipan penelitian yaitu Pengelola Garden
Café dan 3 pelanggan Garden Café yang bersedia menjadi partisipan penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian Efektivitas Promosi melalui media sosial Instagram
dengan model epic di Garden Café. Strategi promosi yang diterapkan pada kafe
taman efektif jika diukur dengan menggunakan dimensi Empati, Persuasif,
Dampak, Komunikasi