Pengaruh Kepemimpinan, Komitmen Dan Komunikasi Terhadap Loyalitas Anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi Universitas Islam Malang Masa Bakti 2022-2023 (Studi Kasus HIPMI PT UNISMA)
Abstract
Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) adalah organisasi para pengusaha
muda Indonesia yang bersatu dengan maksud dan tujuan mendorong, berperan
serta dalam mengembangkan jiwa kewiraswastaan di kalangan generasi muda.
Maksud dan tujuan organisasi ini dibentuk untuk membina, memajukan dan
mengembangkan generasi muda pengusaha menjadi pengusaha yang profesional,
kuat dan tangguh dalam sektor usaha yang ditekuni.Di dalam penelitian ini
peneliti menggunakan metode pengumpulan data yang digunakan adalah
kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2022 sampai Juli 2023
dengan populasi anggota hipmi perguruan tinggi Universitas Islam Malang.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sensus
sampling. a. Bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara variabel
kepemimpinan, komitmen dan komunikasi terhadap loyalitas anggota Himpunan
Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi Universitas Islam Malang. Hal
tersebut ditunjukkan dari hasil uji F. b.Variabel kepemimpinan berpengaruh
terhadap loyalitas anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan
Tinggi Universitas Islam Malang. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji t.
c.Variabel komitmen tidak berpengaruh terhadap loyalitas anggota Himpunan
Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi Universitas Islam Malang. Hal
tersebut ditunjukkan dari hasil uji t. d.Variabel komunikasi berpengaruh terhadap
loyalitas anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi
Universitas Islam Malang. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji t.